MODUL GENSET

Modul genset merupkan  control genset  yang di buat sedemikin rupa sehingga parameter genset dapat di pantau melalui alat tersebut baik monitoring engine ,monitoring generator dan juga sebagai proteksinya.

Ada banyak merek modul genset yng beredar saat ini,secara umum semua merek sama untuk fungsi dan manfatnya. 

Saat ini sistem monitoring secara manual atau konvensional pada GENSET sangat tidak efektif karena operator harus melihat parameter yang ada pada suatu sistem dari dekat, pendekatan harga pembacaan, skala waktu pembacaan yang tidak tetap.

modul genset merek smrtgent
Contoh modul genset smartgen

Sistem monitoring yang bisa kita pantau meliputi beberapa hal berikut :
1. Memberikan informasi status genset
2. Menampilkan  tegangan phase-netral
3. Menampilkan arus  phase-netral
4. Menampilkan frekuensi dan power faktor
5. Kemampuan menampilkan KW dan KWH
6. Menginformasikan status fuel level
7. Menginformasikan running hours
8. Menampilkan temperatur engine 
9. Kemampuan hal datalogger 

Sistem monitoring melalui pembacaan beberapa parameter  tersebut  (tegangan, arus, power factor, KWH,  temperature, frekwensi, atau  kecepatan ) maka diperlukan beberapa  MODUL  CONTROLLER .

Data yang diperoleh dari hasil pembacaan beberapa sensor akan ditampilkan pada LCD, selanjutnya data yang diperoleh dibandingkan dengan data analog.

Kita biasanya  membentuk system monitoring dan control genset dengan maksud  adalah untuk :
  •  Kita bisa membaca system yang memberikan data real time  terhadap  pengoperasian genset,  critical signal dan error data yang akan dipergunakan sebagai  maintenance preventive,  overhoule dan pemeliharaan  serta   langkah penghematan energi.

  •  Menyampaikan  dan memberikan data  seluruh aktivitas system genset secara  menyeluruh  baik  distribusi beban,  total generator run time, rata-rata komsumsi dan level bahan bakar, serta status genset baik running, off atau shutdown.

Modul genset merek woodword
Modul Genset
Pada dasarnya pengoperasian sebuah generator dengan benar adalah penting untuk mendapatkan performance yang baik saat generator beroperasi. 

Untuk mendapatkan performance yang baik maka dalam pelaksanaan pengoperasian generator memerlukan pemahaman beberapa  signal penting meliputi  tentang   engine running,  engine failure, dan Main failure. 

Pengoperasian secara konvensioanl dan monitoring yang manual / operator, membuat pemantauan status engine seringkali menunjukkan kekeliruan dan mengakibatkan penurunan performance dan pembengkakan biaya maintenance saat terjadi kerusakan. 

Oleh karena itu diperlukan pembuatan system monitoring yang  mampu menyediakan data real time sehingga  membantu menurunkan kerusakan generator.

modul genset deepsea
Modul genset deepsea

MODUL PANEL ATS-AMF
Modul genset jug bisa berfungsi sebagai modul otomatis genset atau biasa disebut panwel ats-amf ,Pemakaian panel ATS pada instalasi dalam gedung  dimaksudkan untuk mengantisipasi pada saat PLN gagal dalam mensuplai listrik ( mengalami pemadaman ), 

maka dalam hal ini genset yang akan menggantikan peranan dari PLN untuk mensuplai sumber listrik. Peranan panel ATS adalah memindahkan secara otomatis distribusi dari PLN ke Genset, 

sehingga genset tersebut dapat menggantikan peranan dari PLN untuk mensuplai sumber daya listrik pada gedung / lokasi tersebut. 

Selanjutnya apabila PLN kembali normal, maka fungsi ATS secara otomatis memindahkan distribusi daya listrik dari genset ke PLN.

contoh modul genset
Modul genset Datakom
Sedangkan panel AMF dalam hal ini berfungsi untuk  menghidupkan atau mematikan (ON - OFF) Engine Genset secara otomatis (tanpa peranan operator).  

Panel AMF akan menggantikan peranan Operator untuk melakukan tugas pemanasan Genset (Warming-up). 

Dengan dilengkapi sebuah kontrol dan monitoring, maka  engine tersebut dapat di-setting untuk melakukan proses pemanasan sendiri secara otomatis tanpa bantuan operator. 

Kita bisa melakukan  setting pada hari, jam atau menit  dalam seminggu untuk melakukan  berapa kali proses warming-up.  

Untuk support dari masing masing merek berbeda,ada yang mempunyai support yang bagus akan tetapi ada juga modul yang tidak ada support sama sekali,

Kami melayani untuk ugrade modul genset dengan modul genset merek yang berbeda.

HUBUNGI KAMI

TUKANG LISTRIK 71
Kunjungi kami di : UP GRADE MODUL GENSET
Labels: genset, modul

Thanks for reading MODUL GENSET. Please share...!

Back To Top