SERVICE STEL KLEP GENSET MESIN DIESEL

stel klep mesin diesel
SERVICE STEL KLEP GENSET MESIN DIESEL
Mesin genset dengan mesin Diesel yag dipasaran memiliki 1  block silinder sampai 12  block silinder tergantung kapasitas mesin genset tersebut,Sehingga hanya terdapat jumlah klep pada silinder headnya tergantung berapa silinder mesin disel tersebut, masing masing silinder ada klep in dan klep ex. Dan dengan sepasang klep itulah proses pembakaran dapat berjalan dengan sempurna.

Berkurangnya tenaga dan starter yang rewel bisa terjadi pada mesin diesel yang sudah beroperasi lama. Salah satu penyebab kurang optimalnya mesin yang sering ditemukan adalah longgarnya valve (klep). Kita sebenarnya tidak perlu khawatir, masalah ini dapat dicegah dengan melakukan penyetelan berkala. Tujuan penyetelan celah valve dimaksudkan untuk memperoleh waktu yang tepat saat valve (klep) membuka dan menutup.
Stel klep genset
STEL KLEP MESIN DIESEL
Sebagai komponen yang selalu berhadapan dengan suhu panas dan tekanan kompresi yang tinggi, tidak menutup kemungkinan jika klep ini mengalami aus yang menyebabkan jarak celah klep tersebut melebar. Akibat dari hal tersebut, mesin diesel menjadi kurang bertenaga dan berbunyi nglitik atau kasar

Jika celah klep telah melebar, maka perlu dilakukan penyetelan klep tersebut agar performa mesin diesel menjadi normal kembali. Dan berikut merupakan langkah-langkah dalam menyetel klep Genset mesin diesel
KLEP DIESEL
KLEP MESIN DIESEL
Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

Sebelum melakukan setel klep pada mesin diesel, hal pertama yang harus dipahami yaitu mengetahui posisi top mesin diesel. Karena, jika mesin diesel tidak berada di posisi top, maka penyetelan jarak celah klep tidak bisa dilakukan.

Untuk mengetahui titik top mesin diesel, dapat melihat tanda 0 yang ada pada roda gendeng berada diatas. Atau dengan melihat posisi piston tepat berada pada TMA (Titik Mati Atas). Dan setelah menemukan posisi top, barulah melakukan penyetelan dengan panduan berikut ini :

1. Lepaskan cover bonet, dengan cara melepas mur penguncinya terlebih dahulu, kemudian tarik cover bonet tersebut tanpa merusak packing bonetnya.

2. Gunakan kunci pas nomer 13mm untuk mengendurkan baut kontra penyetel klep. Kemudian lakukanlah penyetelan klep dengan obeng min (-) dan menggunakan fuller gauge untuk mengatur jarak kerenggangan antara klep dengan rocker arm.

3. Aturlah jarak kerenggangan tersebut dengan ukuran antara 0,25mm sampai 0,30 mm.

4. Setelah jarak tepat pada ukuran, kencangkan kembali mur pengunci setelan.

5. Setelah itu, tutup kembbali cover bonetnya dan kencangkan dengan baut penguncinya. Selesai.

Demikianlah Penjelasan singkat tentang stel klep Genset mesin diesel,Semoga manfaat..!
Untuk lebih lengkapnya bisa hubungi kami ,Kami dilengkapi oleh tenaga teknisi  yang handal , terlatih dan jujur akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk Anda ..

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi saya :
Sugiharto -  TUKANG LISTRIK 71
Phone /WA 08170152706

Labels: mesin diesel, service genset, stel klep

Thanks for reading SERVICE STEL KLEP GENSET MESIN DIESEL. Please share...!

0 Comment for "SERVICE STEL KLEP GENSET MESIN DIESEL"

Back To Top